Sunday, May 6, 2007

Coklat Lebih "Hot" daripada Ciuman

Anda penggemar coklat? Satu lagi fakta mengenai coklat, ternyata rasanya dapat memberikan sensasi yang lebih dahsyat dibandingkan dengan ciuman, Wow!

Setidaknya, demikian temuan para ilmuan Inggeris seperti diberitakan The Sun dan dilansir Ananova, April lalu.

Menurut hasil riset terbaru itu, makan coklat lebih merangsang jantung dan otak dibandingkan dengan ciuman. Studi ini melibatkan 12 relawan di Universitas Middlesex yang berusia 20-an tahun. Sejumlah pasangan kekasih itu diminta untuk mengenakan monitor jantung dan alat khusus yang dipasang pada kepala mereka. Alat ini berguna untuk mengukur detak jantung dan aktifitas otak.

Setelah dipasangi alat ini, para relawan mencicipi potongan coklat hitam (dark chocolate) dan kemudian mencium pasangan mereka. Rekaman amtifitas otak dan detak jantung mereka kemudian dianalisa.

Ternyata ciuman paling hot sekalipun tak bisa menandingi sensasi lain yang bisa diciptakan coklat. Dari hasil studi diperoleh, saat coklat meleleh didalam mulut, semua wilayah otak menerima rangsangan yang jauh lebih intens dan lama daripada rasa senang yang ditimbulkan dari ciuman.

"Coklat hitam dapat meningkatkan detak jantung karena coklat mengandung bahan-bahan yang merangsang, namun lamanya peningkatan ini dan pengaruhnya yang kuat pada otak benar-benar mengagumkan," demikian Dr.David Lewis, pakar psikologi Inggeris yang memimpin study itu.

=============

No comments: